Manfaat Laba Ditahan dalam Bagi Perusahaan

Dalam dunia bisnis, setiap perusahaan punya strategi tersendiri untuk bertahan serta berkembang di tengah ketatnya persaingan. Salah satu caranya yang banyak digunakan yaitu dengan melakukan sebagian laba untuk ditahan. Laba ditahan ini berasal dari bagian dari laba bersih yang diperoleh perusahaan dan tidak dibagikan sebagai dividen kepada pemegang saham. Selanjutnya laba ini disimpan dan digunakan untuk keperluan strategis perusahaan.

Sebagai aset perusahaan adanya laba ditahan ini dapat berfungsi sebagai dana cadangan saat menghadapi perubahan pasar sehingga tidak perlu membutuhkan pembiayaan eksternal. Namun dalam pengelolaan laba tersebut tidak boleh sembarangan. Perlu kebijakan dengan memperhatikan banyak pertimbangan sehingga kedepannya memiliki dampak positif serta bernilai bagi perusahaan.

Pada artikel ini akan menjelaskan pengertian laba ditahan, faktor yang mempengaruhinya hingga manfaatnya. Untuk itu, simak ulasan lengkap pada tulisan berikut.

Pengertian Laba Ditahan

Laba ditahan adalah sebagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen dengan tujuan disimpan serta diakumulasikan dan digunakan dalam berbagai keperluan perusahaan. Meskipun tidak dibagikan sesungguhnya keberadaan laba ditahan menjadi cerminan laba yang telah diperoleh dalam kegiatan operasional perusahaan pada kurun waktu tertentu. Istilah lain dari laba ditahan yaitu retained earnings 

Setiap perusahaan mempunyai kebijakan tersendiri terhadap laba ditahan. Hal tersebut tergantung pada kebijakan dan manajemen perusahaan. Perusahaan dapat mengalokasikan laba ditahan berbagai hal seperti pembayaran hutang hingga sebagai cadangan keuangan di masa mendatang.

Keberadaan retained earnings berperan penting dalam keuangan perusahaan. Untuk itu setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri serta menganalisanya secara matang sehingga menjadi pandangan kualitas perusahaan tersebut dalam mengalokasi finansialnya. Selain itu analisis laba ditahan juga menjadi kunci dalam evalusi kesehatan perusahaan sehingga ke depannya dapat digunakan dalam pengambilan keputusan penting.

Faktor Yang Mempengaruhi Retained Earnings

Setiap perusahaan memiliki laba ditahan yang berbeda- beda. hal tersebut karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain :

Investasi

Alasan sebuah perusahaan melakukan retained earning salah satunya karena kebutuhan investasi. Investasi tersebut bertujuan untuk pengembangan produk, perluasan usahaa serta untuk investasi jangka panjang. Jadi, semakin tinggi investasi yang dilakukan perusahaan maka laba yang akan ditahan juga semakin rendah.

Dividen yang Dibagikan

Setiap pemegang saham pasti menginginkan pembagian dividen dari investasi yang dilakukan pada suatu perusahaan. Sayangnya untuk kebutuhan ekspansi bisnis misalnya, tidak semua deviden yang diperoleh perusahaan dibagikan kepada pemegang saham karena sebagian deviden digunakan sebagai laba ditahan. Itu artinya, jika  dividen yang dibagikan jumlahnya besar maka nilai laba ditahan akan rendah.

Keadaan Keuangan Perusahaan

Tidak selamanya perusahaan dalam kondisi baik. Saat perusahaan menghadapi masalah keuangan misalnya maka laba ditahan bisa jadi digunakan untuk melunasi kewajiban. Itu artinya ada pengurangan pada retained earnings atau bisa dikatakan mengalami kerugian

Manajemen Perusahaan

Untuk dapat berkembang setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri salah satunya yaitu dengan mempengaruhi laba ditahan. Ada perusahaan yang memilih membagikan lebih besar labanya kepada pemegang saham. Ada juga perusahaan yang mempertahankan labanya dalam jumlah besar sebagai cadangan.

aplikasi investasi crypto

Kebijakan Pajak

Setiap negara memiliki kebijakan perpajakan berbeda satu dengan lainnya. Di luar negeri contohnya menerapkan peraturan perpajakan tentang laba ditahan. Di beberapa negara luar misalnya memiliki kebijakan agar perusahaan membagikan lebih kecil deviden untuk dana cadangan

Manfaat Laba Ditahan Bagi Perusahaan

Bukan tanpa alasan laba perusahaan tidak secara keseluruhan dibagikan kepada pemegang saham karena memiliki manfaat sebagai berikut:

Investasi dan ekspansi perusahaan

Setiap perusahaan pasti menginginkan bisnisnya semakin berkembang. Untuk mengembangkannya salah satunya dengan menggunakan laba ditahan untuk investasi hingga ekspansi perusahaan

Tambahan modal

Untuk mengembangkan perusahaan serta membiayai proyek-proyek perusahaan dapat menggunakan dana cadangan perusahaan. Jadi perusahaan tidak perlu berhutang yang bisa jadi beban finansial.

Pengurangan utang

Untuk membayar hutang perusahaan tidak perlu mengurangi biaya operasional perusahaan atau berhutang lagi ke pihak lain. Dana ditahan bisa untuk pengurangan utang sekaligus  menurunkan biaya modal.

Dividen

Meskipun awalnya deviden berasal dari laba ditahan namun di kemudian hari bisa untuk membayar dividen. Dengan pembayaran dividen secara teratur kepada pemegang saham dapat meningkatkan kepercayaan investor.

Stabilitas Keuangan

Agar perusahaan dapat berjalan lancar perlu keuangan yang stabil. Laba ditahan bermanfaat sebagai cadangan keuangan perusahaan untuk mnghadapi kondisi sulit.

Pembiayaan Proyek Inovatif

Laba ditahan dapat dialokasikan untuk proyek-proyek riset dan inovasi, membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dalam industri yang terus berkembang.

Keberlanjutan Perusahaan

Laba ditahan membantu menciptakan keberlanjutan jangka panjang, memberikan perusahaan keleluasaan keuangan yang diperlukan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan lingkungan bisnis.

Keleluasaan Finansial

Laba ditahan memberikan keleluasaan finansial kepada perusahaan, memungkinkannya untuk menghadapi fluktuasi pendapatan atau biaya tanpa harus mengambil langkah-langkah drastis.

Investasi Bitcoin dan Crypto Melalui Aplikasi PINTU

Mendapatkan pasif income bisa beragam cara. Selain investasi dengan saham di perusahaan bisa juga dengan investasi crypto dan bitcoin.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto sekarang mudah lho. Cukup download PINTU sekarang ya di Play Store. Bagi yang belum tahu PT Pintu Kemana Saja yang memiliki brand PINTU merupakan aplikasi jual beli dan investasi aset crypto terpercaya di Indonesia. Aplikasi PINTU memiliki tampilan aplikasi yang intuitif serta  mudah digunakan. Selain itu terdapat juga konten edukasi in-app, yang bisa buat belajar siapa pun tentang investasi khususnya bagi investor crypto baru dan kasual.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *