Rekomendasi Sabun dan Bedak Gatal yang Aman untuk Anak dan Dewasa

rekomendasi sabun dan bedak gatal

Gatal-gatal sangatlah mengganggu aktivitas harian, apalagi terjadi di seluruh badan. Banyak faktor yang memicu terjadinya gatal-gatal. Baik dari faktor internal yaitu dari dalam tubuh ataupun eksternal yaitu lingkungan sekitar. Tidak mengherankan jika gatal dialami siapa saja, baik bayi dan balita maupun orang dewasa
Biasanya kulit yang rentan gatal- gatal terjadi pada kulit yang sensitive dan kering. Selain itu terdapat beberapa penyebab gatal-gatal yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Gatal pada Kulit

Gangguan Serangga

Serangga seperti nyamuk, semut dan lainnya jika menggigit menyebabkan kulit terasa gatal. Meskipun gatal karena gigitan serangga akan hilang dengan sendirinya, namun Anda tidak boleh menganggapnya hal remeh.

Penyakit kulit

Penyakit kulit memiliki banyak faktor meliputi kebersihan lingkungan, paparan zat berbahaya, dll. Pada umumnya orang yang tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan rentan memiliki penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri-bakteri yang menempel di kulit. Selain lingkungan yang kurang bersih, menggunakan pakaian yang ketat juga dapat memicu terjadinya gatal-gatal.

Ada beberapa penyakit kulit yang perlu diwaspadai :

Herpes

Herpes terjadi karena faktor virus. Ciri-ciri dari herpes adalah terdapat lepuhan pada bagian mulut, pada gejala umumnya akan hilang dengan sendirinya selama 2 sampai 4 minggu.

Biduran

Biduran merupakan penyakit kulit yang umum terjadi dengan gejala gatal-gatal dan memerah pada kulit. Tanda itu muncul biasanya terjadi karena obat-obatan, serangan serangga, alergi pada makanan dan suhu. Gejala yang dialami biasanya terjadi selama 2 jam2jam sampai 3 hari.

Biang keringat

Pada bayi yang memiliki pengaturan suhu tubuh belum sempurna sering mengalami biang keringat atau disebut juga keringet buntet. Selain menyebabkan ruang kemerahan, biang keringat juga menimbulkan rasa gatal pada kulit

Perubahan hormonal saat hamil

Rasa gatal sering terjadi saat hamil, hal ini disebabkandisebebkan karena adanya peningkatan suplai darah ke kulit sehingga menyebabkan gatal.

Cara mengatasi Gatal Pada Kulit

Pada umumnya gatal bukan masalah serius, namun jika dibiarkan akan mengganggu aktivitas harian. Untuk itu perlu cara untuk mengatasinya antara lain sebagai berikut :

cara atasi gatal

Mandi air dingin

Mengompres air dingin juga bisa mengatasi rasa gatal pada kulit. Namun jika rasa gatal hampir merata di seluruh tubuh sebaiknya mengatasinya dengan cara mandi air dingin. Namun yang jadi catatan, tidak semua rasa gatal bisa diatasi dengan cara mandi air dingin, jadi harus cermat penyebabnya terlebih dahulu.

Tidak menggaruk kulit

Saat gatal yang pertama dilakukan biasanya yaitu dengan jalan menggaruknya. Memang saat digaruk kulit menjadi terasa enak namun hal tersebut tidak berlangsung lama. Yang terjadi setelahnya kulit menjadi sobek sehingga menyebabkan infeksi.

Memakai sabun antiseptic

Sabun antiseptic bisa menjadi cara ampuh mengatasi gatal karena bakteri. Yang jadi catatan, pilih produk sabun yang memiliki pH seimbang serta tidak mengandung zat berwarna. Pilih juga sabun yang memiliki kandungan bahan alami dengan cara melihat ingredients pada kemasankemasaan sabun sehingga kulit terasa nyaman dan aman dari rasa gatal

Memakai bedak gatal

Sebuah riset American Academy of Dermatology Association menganjurkan bedak sebagai cara untuk mengatasi gatal. Kandungan calamin yang ada pada bedak dapat meredakan rasa gatal. Selain itu, bedak termasuk produk yang mudah ditemui dan harganya juga terjangkau.

Rekomendasi Sabun dan Bedak yang Ampuh Atasi Gatal

Sabun Asepso

Sebagai sabun antiseptic, Asepso dapat mencegah infeksi bakteri sehingga mengatasi gatal- gatal pada kulit. Sabun Asepso sendiri memiliki lima varian yang memiliki manfaat berbeda yaitu:

  • Asepso+ ampuh mencegah penyebaran kuman- kuman dan mencegah infeksi kulit
  • Asepso Fresh berguna menjaga kebersihan serta kesegaran kulit
  • Asepso Clean untuk menyegarkan sekaligus membersihkan kulit karena kandungan antiseptic dan ekstrak daun sirih
  • Asepso Sulphur bermanfaat mengurangi jerawat serta menghilangkan minyak berlebih
  • Asepso Transparent Soap Moisture bermanfaat melembabkan serta melindungi kulit dari bakteri

bedak gatal

Bedak Caladine

Bedak tabur satu ini dapat meredakan gatal- gatal pada kulut karena mengandung calamine, camphor dan methol. Untuk cara pakai bedak Caladine pun cukup mudah. Cukup bersihkan bagian kulit yang gatal dan taburkan bedak secukupnya secara merata.

Bedak Herocyn

Bedak satu ini sudah lama dikenal mampu mengatasi gatal- gatal pada kulit khususnya karena biang keringat. Ternyata bedak dengan kandungan bahan antara lain zinc oxide, alsam peru dan sulfur ini juga mengatasi bau kaki dan bau badan. Untuk cara pakainya, gunakan bedak Herocyn dua kali sehari sehabis mandi pada bagian yang terasa gatal

Rekomendasi sabun dan gatal di atas cukup, selain harganya yang terjangkau juga mudah ditemui. Tidak hanya di toko offline, bisa juga dibeli di marketplace kesayangan yaitu Tokopedia

Mengapa Belanja di Tokopedia?

Ada anggapan takut berbelanja online karena khawatir produk abal- abal terlebih produk kesehatan seperti sabun atau bedak gatal. Padahal jika berbelanja di official Store Tokopedia selain barang selalu ready, juga terjamin ori. Selain itu ada jaminan garansi jika produk yang dikirim seller rusak atau tidak sesuai deskripsi. Jika, costumer tidak akan rugi cukup mengembalikan produk sebelum 7 hari, produk akan diganti tanpa biaya tambahan lagi. Yuk, cek out ke Tokopedia sekarang!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *