Cara Memilih Sepatu Badminton yang Bagus dan Awet

  • Whatsapp
Cara Memilih Sepatu Badminton

Badminton termasuk olahraga populer di Indonesia. Terlebih di mata internasional  atlet bulu Indonesia tangkis cukup berprestasi dan disegani. Tidak mengherankan jika saat pertandingan badminton skala nasional maupun internasional ramai penonton. Tidak mengherankan jika banyak yang menjadikan sebagai olahraga favorit mengingat cukup populer. Selain itu cara mainnya cukup mudah sehingga siapapun bisa berolahraga badminton.

Sebelum bermain bulu tangkis agar bisa bermain nyaman, maka harus memperhatikan beberapa hal. Mulai dari pilihan raket yang sesuai, kostum hingga sepatu badminton pria atau wanita yang tepat. Untuk itu ditulisan kali ini akan membahas cara memilih sepatu badminton yang bagus dan awet. Simak ulasan berikut ini ya

Tips Memilih Sepatu untuk Badminton

Saat ini tersedia beragam bentuk dan jenis sepatu sesuai dengan kebutuhannya. Ada sepatu pantofel yaitu sepatu resmi untuk kerja atau ke kantor. Begitupun ada sepatu olahraga yang juga memiliki bentuk dan fungsi berbeda tergantung olahraga yang akan dilakukannya.

Berikut ini informasi cara memilih sepatu badminton yang tepat antara lain :

1. jangan menggunakan sepatu lari

Sekilas akan terlihat sama antara sepatu lari dan badminton. Padahal keduanya sangat berbeda terutama tujuan desainnya. Sepatu lari lebih mengutamakan ringan dan nyaman saat digunakan. Sedangkan desain sepatu bulu tangkis mengutamakan kenyamanan saat bergerak ke depan dan kebelakang.

2. Gunakan sepatu bulu tangkis dengan sol khusus

Saat bermain bulu tangkis perlu kelincahan dan kecepatan gerakan. Bahkan dalam waktu tertentu perlu manuer agar mempertahankan permainan. Agar aman dan kaki tidak mengalami lecet perlu sepatu dengan sol khusus yang mampu menahan gesekan kaki dengan lapangan bulu tangkis.

3. Pilih sepatu dengan permukaan tapak rata

Pergerakan dalam olahraga bulu tangkis cukup dinamis. Dalam waktu singkat harus bergerak maju, mundur, ke samping bahkan juga harus meloncat. Agar saat bergerak nyaman dan tidak sampai kecelakaan yang menyebabkan cedera membutuhkan sepatu dengan tapak rata dengan bentuk radial.

4. Pilih sepatu berbahan karet

Sepatu karet lebih nyaman digunakan saat berolahraga. Selain tidak licin karena mampu mencengkeram lantai dengan kuat juga memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi

5. Hindari sepatu sol hitam

Sebenarnya warna sol sepatu tidak berpengaruh secara langsung terhadap kenyamanan pemakainya. Hanya saja jika sol warna merah khawatirnya akan meninggalkan jejak pada lapangan. Tentu saja hal itu membuat tidak sedap dipandang mata.

6. Sesuaikan dengan budget

Sepatu bulu tangkis yang tersedia dipasaran memiliki beragam harga. Dari mulai harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Besaran harga tergantung dari desain serta merek sepatunya. Untuk yang membutuhkan sepatu badminton hanya sekedar untuk menjalankan hobi dan berolahraga sebaiknya memilih sepatu level sedang, sedangkan untuk atlet tentu saja lebih baik memilih sepatu profesional yang tentu saja harganya sebanding dengan kualitasnya.

7. Pakai sepatu hanya ketika olahraga

Agar sepatu lebih awet sebaiknya hanya menggunakan saat di lapangan badminton saja. Saat datang untuk latihan atau sedang kegiatan lain di luar bisa menggunakan sepatu lain atau memakai sendal. Hal itu untuk menghindari agar sol sepatu tidak cepat tipis sehingga mengurangi kenyamaan saat bermain badminton

8. Pilih ukuran sepatu yang pas

Agar nyaman ketika olahraga memilih septu yang pas dengan ukuran kaki sangat disarankan. Saat bermain bisa bergerak bebas karena tidak khawatir sepatu akan lepas karena longgar. Begitu pula kaki tidak akan terasa sakit akibat sepatu yang terlalu kecil.

Kesimpulan

Memilih sepatu badminton bagus dan awet bisa dibilang gampang- gampang susah. Setidaknya dengan membaca informasi diatas memiliki gambaran apa yang harus dilakukan saat memilih sepatu yang tepat dan awet tentunya. Selamat berolahraga dan memulai gaya hidup sehat ya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *