Inilah Alasan Harus Menerapkan Pola Hidup Sehat

  • Whatsapp

Tren gaya hidup sehat mulai dikenal berbagai kalangan di Indonesia. Bahkan kini bermunculan komunitas yang menggaungkan saling support pada anggotanya untuk melakukan hidup sehat. Apalagi sejak pandemi kesadaran akan hidup sedap semakin besar. Sebelum membahas lebih jauh apa pola hidup sehat itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah segala kegiatan yang dapat menghindarkan dari penyakit fisik maupun psikis. Kegiatan tersebut antara lain mengatur pola makan, pola tidur, olahraga hingga pola pikir. Meskipun kelihatan sederhana, menerapkan pola hidup tidak semudah membalikkan tangan. Namun begitu harus diterapkan karena memiliki manfaat yang banyak

Manfaat menerapkan hidup sehat

Siapa sih yang tidak mau sehat? Agar sehat ternyata di mulai dari pola hidup sehat terlebih dahulu. Pola hidup sehat ini jika diterapkan dalam kehidupan sehari- hari akan memiliki manfaat antara lain :

1. Terbebas dari penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit mematikan di Indonesia. Serangan jantung bisa muncul tiba- tiba dan mengakitkan kondisi fatal bagi penderitanya. Salah satu yang bisa mencegah penyakit jantung yaitu pola hidup sehat. Terutama untuk pola makan dan rajin olahraga

2. Lebih semangat menjalankan hidup

Saat seseorang menjalankan hidup sehat badan akan terasa bugar. Jika badan sehat maka akan semangat menjalankan aktivitas harian.

3. Berat badan ideal

Berat badan sering menjadi keluhan terutama bagi kaum perempuan. Banyak perempuan yang rela menghabisakn berjuta rupiah agar memiliki tubuh yang ideal. Padahal berat bada yang ideal bisa di dapatkan dengan melakukan pola hidup sehat. Tidak hanya badan menjadi ideal, maka sulit ditemukan

4. Daya tahan meningkat

Pada saat musim pancaroba kondisi cuaca tidak menentu. Perbedaan kondisi yang ekstrem antara panas dan hujan tersebut bisa menyebabkan meriang. Hal tersebut tidak akan dialami jika daya tahan tubuh meningkat. Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dengan konsumsi makanan bergizi agar metabolisme dalam tubuh lancar.

5. Panjang Usia

Salah satu harapan yang selalu diinginkan seseorang salah satunya yaitu panjang usia. Agar panjang umum, selain menganggap sebagai takdir juga sebagai manusia tetap wajib berikhtiyar untuk bekerja salah satunya dengan menjalankan hidup sehat

Cara Menjalankan pola hidup sehat

Untuk menjalankan pola hidup sehat diperlukan konsisten serta keinginan kuat untuk bisa sehat. Adapun cara menjalankan pola hidup sehat satu orang dengan lainnya tentu berbeda. Namun pada dasarnya hampir sama caranya antara lain :

Rajin Berdoa

Sebagai makhuk beragama kita percaya segala sesuatu yang terjadi tidak lepas dari ketentuan Tuhan. Untuk itu kita harus rajin berdoa untuk diberikan kesehatan serta umur yang panjang. Berdoa juga sebagai wujud rasa syukur seorang hamba kepada Tuhannya.

Istirahat cukup dan tidur teratur

Tubuh bukanlah mesin yang bisa terus menerus bekerja tanpa istirahat. Tubuh butuh istirahat saat capek dan lelah. Dan istirahat terbaik yaitu dengan tidur. Tidur tidak hanya mengurangi lelah saja, namun menjadi saat sel melakukan regenerasi. Saat tubuh tidur cukup yaitu setidaknya 8 jam sehari tubuh terasa bugar dan tidak lemas lagi.

Banyak minum air putuh

Konsumsi air setidaknya 8 gelas sehari memiliki banyak manfaat yaitu memperlancar metabolisme tubuh serta memperkuat imun tubuh. Tubuh juga menjadi terhindar dari dehidrasi.

Kelola stress

Stress yang dialami seseorang jika dibiarkan akan berbahaya karena dapat menurunkan sistem imun tubuh. Akibatnya orang tersebut menjadi mudah sakit. Cara mengelola stress bisa dengan mencari akar masalah dan mencari penyelesainnya. Serta agar tidak stress secara berkepanjangan bisa melakukan me time sebagai proses healing.

Olahraga teratur

Selain membuat badan sehat dan bugar olahraga teratur dapat membuat berat badan menjadi ideal. Olahraga juga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Konsumsi makanan bergizi

Makanan dengan gizi seimbang penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Sayangnya karena alasan praktis dan enak banyak yang enggan konsumsi makanan tanpa MSG dan lebih suka makanan cepat saji dari pada sayur, buah, daging serta makanan yang mengandung nutrisi lainnya. Padahal makanan siap saji atau yang mengandung pengawet dan MSG tidak baik bagi kesehatan.

Menurut P2PTM Kemenkes pola makan yang sehat adalah sebagai berikut :

  • Memperbanyak air
  • Konsumsi makanan rebusan
  • Banyak minum air putih
  • Konsumsi makanan tanpa MSG
  • Selalu cek komposisi bahan pada kemasan makanan

Pola Makan Sehat dengan Mie Tanpa MSG Jiwa Pagi

Bagi yang menerapkan pola hidup sehat biasanya menghindar untuk konsumsi mie instan. Tidak salah memang karena selama ini mie instan mengandung MSG serta pengawet buatan. Menjawab kebutuhan konsumen akan mie instan tanpa MSG maka Kobe pun mengeluarkan produk terbarunya yaitu Mie Jiwa Pagi

Mie Jiwa Pagi ini bisa dibilang sebagai mie tanpa MSG. Karena dari proses pembuatannya berasal dari bahan sayur yang tentu kaya nutrisi dan vitamin. Saat proses produksi, mie Jiwa Pagi ini tidak mengalami penggorengan tapi dipanggang. Cara ini lebih sehat karena rendah kalori.

Saat ini mie instan sehat Jiwa Pagi memiliki 3 varian rasa yaitu Mie Jiwa Pagi Goreng, Mie Jiwa Pagi Soto Seger dan Mie Jiwa Pagi Ayam Bawang. Untuk harganya sih cukup terjangkau yaitu Rp. 4.300 tidak jauh beda dengan harga mie pada umumnya. Terakhir, yang ingin icip- icip mie Jiwa Pagi ini segera pesan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *