Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Mudah

  • Whatsapp

Siapapun yang mengalami sakit gigi tentu sangat menyiksa. Mau makan, bicara hingga tidurpun rasanya sakit semua. Untuk itu menjaga kesehatan gigi penting sekali mulai dari menjaga makanan, rutin gosok gigi hingga menghilangkan karang gigi.

Bicara karang gigi kebanyakan orang masih mengabaikannya. Padahal jika dibiarkan karang gigi ini dapat mempengaruhi kesehatan serta menyebabkan bau mulut. Untuk itu perlu cari cara pembersih karang gigi yang efektif sehingga tidak menganggu kenyamanan dan kesehatan

Apa itu karang gigi?

Sebelum lebih jauh membahas cara membersihkan karang gigi, sebaiknya mengetahui apa yang dimaksud karang gigi sehingga langkah untuk untuk mengatasinya juga tepat.

Karang gigi adalah lapisan yang biasanya terdapat pada bawah garis gusi yang memiliki tekstur keras. Karang gigi ini tidak muncul tiba- tiba tetapi merupakan akumulasi dari dari lapisan lengket yang berasal dari sisa makanan dan bakteri atau sering disebut juga dengan plak gigi. Untuk pembentukan karang gigi tiap orang berbeda- beda, ada yang cepat ada yang lambat tergantung dengan PH air liurnya.

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Medis

Membersihkan karang gigi bisa dibilang cukup sulit. Memang ada beberapa cara menggunakan bahan alami untuk menghilangkan karang gigi. Namun cara tersebut kurang efektif dan memerlukan waktu yang lama. Cara terbaik untuk membersihkannya tentu saja datang ke dokter gigi. Dokter gigi akan membersihkan karang gigi dengan metode scalling.

Dengan menggunakan scaller yang memiliki getaran ultrasonic, alat yang tergolong runcing tersebut bisa menjangkau bahkan ke sela- sela gigi bagian dalam saat membersihkan karang gigi. Saat melakukan scalling ini, tentu saja harus dilakukan oleh ahlinya. Karena jika sembarangan bisa terkena gusi terluka dan menjadikan enemil gigi menipis.

Agar hasilnya maksimal serta terhindar dari sakit gigi serta bau mulut maka scalling ini sebaiknya dilakukan 6 bulan sekali. Selain bebas dari karang gigi, scalling ini juga memutihkan gigi

Menghilangkan Karang Gigi Secara Mandiri

Menghilangkan karang gigi juga bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan bahan yang ada di sekitar. Berikut ini informasi cara membersihkan karang gigi sendiri antara lain :

1. Sikat gigi

Untuk menghilang karang gigi tidak bisa dilakukan dengan sikat gigi seperti yang dilakukan setiap harinya. Ada sikat gigi serta pasta gigi khusus yang bisa menghilangkannya. Untuk sikat gigi disarankan menggunakan sikat gigi elektrik, sedangkan untuk pasta gigi yang mengandung flouride karena bisa mengkontrol pertumbuhan karang.

2. Obat kumur antiseptik

Rutin berkumur menggunakan obat kumur baik untuk menghilangkan karang pada gigi. Bahan yang terkandung pada obat kumur dapat melawan bakteri sehingga bisa menghilangkan karang gigi

3. Lidah buaya dan baking soda

Tanaman satu ini terkenal memiliki banyak manfaat. Lidah buaya bisa juga digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Kandungan yang ada lidah buaya mampu melawan mikroba penyebab karang gigi.

Cara menghilangkan karang gigi dengan lidah buaya cukup mencampurkan lidah buaya dengan baking soda dan tambahkan air secukupnya. Gunakan campuran tersebut sebagai pengganti pasta gigi. Agar karang gigi bisa bersih diamkan sebentar kemudian kumur dengan air hingga bersih.

4. Biji Wijen

Selain menggunakan bahan diatas, bisa juga mencoba cara membersihkan karang gigi dengan scrub dengan biji wijen. Caranya cukup dengan mengunyah segenggam biji wijen, selanjutnya sikat gigi sementara bijih wijen masih ada di dalam mulut. Jika sudah merasa cukup menggosok gigi dengan wijen, kumur dengan air hingga bersih.

5. Daun dan buah jambu biji

Daun dan buah jambu biji dikenal bisa mengobati penyakit diare. Ternyata kedua bahan alami tersebut memiliki kasiat lain yaitu membersihkan karang gigi. Untuk melakukannya pun cukup mudah yaitu dengan mengunyah beberapa lembar daun dan buah jambu biji yang sudah dibersihkan. Kandungan ati infamasi pada jambu bisa bermanfaat mengurangi pembengkakan pada gusi.

Kesimpulan

Tidak hanya gigi putih dan bersih kesehatan gigi juga perlu dijaga. Apalagi jika gigi sudah muncul karang gigi tentu harus segera dibersihkan. Cara membersihkan karang gigi bisa secara mandiri. Atau jika memiliki anggaran yang cukup bisa ke dokter gigi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *