Melejitkan Bisnis Batik Gedog Tuban Melalui Toko Online Gratis

  • Whatsapp
batik gedok tuban

Batik Gedog Tuban – Kain batik memiliki kekhasan yang unik dibanding kain lainnya. Motifnya yang beragam juga adanya makna dan filosofi di dalamnya. Sebagai warisan budaya Indonesia, kain batik sudah tidak asing lagi. Bahkan setiap daerah memiliki ciri khas batik tersendiri, termasuk di Tuban. Salah satu kabupaten di pesisir pantai utara Jawa ini memiliki batik khas yang bernama batik gedok. Untuk pembuatannya sendiripun bermacam- macam. Ada batik tulis, batik cap dan juga batik tenun. Tentu untuk harga tergantung kualitas batik gedok dan cara penggunaannya. Jika Anda merupakan pecinta batik, rugi rasanya jika belum memiliki batiik gedog sebagai salah satu koleksinya.

Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, keberadaannya sudah di akui secara Internasional. Bahkan setiap tanggal 02 Oktober diperingati sebagai hari batik. Memang motif dan coraknya yang unik lekat sekali dengan kehidupan bangsa Indonesia. Tidak heran jika banyak seragam, pakaian resmi hingga baju adat yang menggunaakan kain batik.

Pengertian Batik

Kata batik sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu Amba dan Tik yang berarti menulis titik. Dari informasi pengertian menurut bahasa tersebut dapat disimpulkan pengertian batik menurut bahasa adalah seni membuat titik

Namun sekarang kita lebih mengenal batik adalah seni melukis dengan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk gambar yang bernilai tinggi diatas kain putih. Awalnya batik memang dikenal hanya pada kain saja. Namun dengan berjalannya waktu, aplikasi batik bukan hanya pada kain namun juga beragam benda yang bertujuan menambah kesan estetika.

Jenis Kain Batik

Berdasarkan proses pembuatannya, ada beberapa jenis kain batik antara lain :

1. Batik tulis

Pembuatan batik dengan canting dan lilin ini cukup memakan waktu dan tenaga. Prosesnya yang lama dan seni coretan serta kehalusan motifnya membuat kain batik ini harganya cukup mahal. Batik tulis memang merupakan jenis batik tradisional dan bernilai tinggi.

2. Batik cetak sablon

Jika Anda ingin mendapatkan kain batik dengan harga murah bisa memilih batik cetak sablon. Proses pembuatannya menggunakan plangkan dan rakel membuatnya lebih mudah. Apalagi tanpa bantuan lilin saat pemotifan membuat proses produksi lebih cepat.

3. Batik printing

Sebenarnya kain batik printing ini hampir mirip dengan batik cetak sablon. Untuk proses pembuatannya dengan cara printing sehingga dapat memproduksi dalam skala besar. Untuk harganya sendiri juga relatif murah.

4. Batik lukis

Hampir sama dengan batik tulis, batik lukis pembuatannya secara manual dengan tangan manusia. Hanya saja, proses pembatikan tidak menggunakan cantik dan lilin malam. Namun jenis batik ini menggunakan cat air dan kuas untuk membuat motif gambar. Untuk harganya juga cukup mahal karena proses yang lama dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Mengenal Batik Gedog Tuban

Jika Anda berkunjung ke Tuban maka akan menemui motif kain batik yang berbeda dengan lainnya. Apalagi jika berada di sekitaran Masjid Agung Tuban dan wisata religi Makan sunan Bonang. Kain batik khas Tuban tersebut di sebut Kain Batik Gedok.

Motif kain Batik Khas Tuban

Secara umum, motif batik gedog berbentuk geometris yang simetris. Sedangkan untuk motifnya sendiri berupa tanaman seperti kluwih, randu dan kopi. Ada juga yang bermotif binatang seperti burung segunting dan merak

Asal Nama Batik Gedog

Asal nama batik gedok berasal dari proses pembuatannya dimana berbunyi “dok..dok” saat pemintalan benang. Kain yang sudah jadi selanjutnya dibatik manual dengan menggunakan tangan. Proses pembuatannya hingga menjadi kain siap pakai cukup lama bahkan sampai 3 bulan. Tidak mengherankan jika kain ini cukup mahal.

Secara garis besar, ciri batik Tuban ini memiliki tiga warna dasar yaitu biru tua, merah dan hitam. Ketiga warna tersebut menggunakan pewarnaan alami dari pohon nila, mengkudu dan juga pohon mangga. Untuk pusat pembuatannya sendiri berada salah satu desa di Tuban yaitu di Desa Margorejo Kecamatan Kerek. Desa ini telah ditetapkan oleh Ibu Wapres pada tahun 2018 sebagai Kampung Wisata Batik

Meningkatkan Omset Penjualan Kain Gedog Tuban melalui Toko Online Gratis

Di jaman digital seperti sekarang, segala kegiatan dapat dilakukan secara online tidak terkecuali promosi produk khas suatu daerah. Apalagi sejak adanya pandemi, terdapat penurunan omset penjualan di berbagai bidang terutama produk pariwisata.

Untuk itulah, pemerintah sebagai pemangku kebijakan juga mendorong pelaku UMKM khususnya untuk bermigrasi ke platform digital. Dengan platform online tidak hanya menerapkan social distancing namun juga menjangkau konsumen hingga ranah global. Terbukti 3,7 lebih UMKM khususnya sudah menggunakan ruang digital.

Salah satu cara memanfaatkan ruang digital untuk meningkatkan UMKM batik Gedok khas Tuban ini yaitu dengan membuat toko online bahkan secara gratis. Cara tersebut bisa sangat murah dan mudah sekali. Namun tidak dipungkiri, jika bagus dalam segi pengelolaan akan membawa impact yang besar.

Bagaimana membuat toko online gratis ? Jika ada yang belum tahu, memiliki toko online secara gratis bisa dengan gabung dengan marketplace terpercaya di Indonesia salah satunya Blibli. Di marketplace tersebut kita bisa membuat toko online dan menawarkan barang dagang hingga menjangkau secara global. Tidak perlu membayar domain atau hosting untuk toko online. Proses pendaftarannya juga cukup mudah kok. Tentu saja lebih hemat biaya dan tenagakan?

Penutup dan Kesimpulan

Sebagai salah satu warisan budaya bangsa, keberadaan batik gedog Tuban harus tetap mendapatkan perhatian. Salah satunya dengan mengenalkan secara luas menggunakan ruang digital. Selain menjangkau secara luas, menggunakan platform online juga terbilang lebih murah. Selain itu juga cukup signifikan melejitkan bisnis di masa sekarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *