Inilah 5 Tempat Ngabuburit di Tuban yang Asyik

  • Whatsapp
tempat ngabuburit di tuban

Tempat Ngabuburit di Tuban – Salah satu yang paling dinanti saat Bulan Ramadan adalah kegiatan ngabuburit. Kegiatan yang biasanya dilakukan orang untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa. Biasanya dilakukan dengan berjalan- jalan ke tempat keramaian, menikmati sore dan juga membeli beragam takjil dan makanan yang banyak di jual di tepi jual. Tujuannya tentu saja agar tidak terasa menunggu waktu berbuka. Bagaiamanpun di saat sore menjelang magrib merupakan titik paling terasa bagi tubuh. Di awal bulan Ramadan kali ini, jika kalian ingin menikmati tempat tersebut, mumpung masih awal Ramadan wajib rasanya datang ke tempat ngabuburit berikut

Tradisi Ngabuburit pada Bulan Ramadan

Istilah ngabuburit tidak lepas dari Ramadan. Tradisi ini selayaknya sudah menjadi bagian Ramadan itu sendiri. Sebenarnya apa sih pengertiannya dan mulai kapan tradisi itu ada? Untuk lengkapnya simak ulasan berikut :

Pengertian Ngabuburit

Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan saat menunggu waktu buka puasa yang bisa dilakukan dengan berjalan- jalan atau sekedar ngobrol menghabiskan waktu. Biasanya kegiatan ngabuburit banyak yang melakukan dengan berkunjung ke tempat keramaian sekaligus untuk mencari takjil dan menu buka puasa.

Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan saat menunggu waktu buka puasa yang bisa dilakukan dengan berjalan- jalan atau sekedar ngobrol menghabiskan waktu.

Sebenarnya istilah Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang secara lengkap dari akronim kata “ngalantung ngadogan burit” yang berarti bersantai menunggu waktu sore. Namun seiring waktu, istilah ngabuburit banyak digunakan di daerah lain di Indonesia termasuk Kabupaten Tuban. Dan tiap daerah punya tempat hits tersendiri untuk ngabuburit. Termasuk di Surabaya di tempat tinggal teman blogger saya Mbak Maria Tanjung.

5 Tempat Ngabuburit di Tuban yang Hits

Bagi kalian yang berada di Tuban tentu ingin juga menunggu waktu berbuka dengan ngabuburit. Berikut ini rekomendasi 5 tempat yang bisa dikunjungi, antara lain :

1. Alun- alun Tuban

Salah satu tempat yang paling strategis untuk ngabuburit adalah alun- alun Tuban. Selain menikmati tengah kota pada sore hari, kalian juga bisa berburu takjil dan makanan yang banyak dijual disana. Bagi kalian yang ingin sekaligus wisata religi bisa ke masjid Agung Tuban yang terletak di sisi sebelah barat alun- alun. Di masjid Agung Tuban, menjelang berbuka ada pengajian yang bisa di dengarkan sambil duduk- duduk di serambi masjid.
Kalian yang beruntung, bisa mendapatkan takjil gratis yang juga dibagikan menjelang berbuka dan nasi kotak setelah sholat magrib.

2. GOR Tuban

Di tempat ini memang terkenal dengan banyak penjual makanan khas Tuban di sepanjang jalan selatan GOR. Apalagi jika minggu pagi menjadi tempat car free day. Pada bulan Ramadan, GOR Tuban juga tidak kalah ramainya. Selain berburu takjil, kalian juga bisa menikmati sore dengan duduk- duduk santai di samping GOR ini.

3. Pantai Semilir

Bergeser ke barat, kalian bisa ngabuburit di pantai hits Tuban yaitu pantai Semilir. Meskipun pantai ini baru sekitaran setahun di buka, namun keindahannya tidak diragukan lagi. Tempatnya yang nyaman juga pemandangan pantai berlatar pelabuhan juga bisa menjadi pilihan untuk habiskan waktu sore. Selain itu masuk pantai ini, gratis. Jadi kalian tidak perlu membayar Cuma tiket masuk Rp.2000,- untuk sepeda motor, Rp. 5000,- untuk mobil dan Rp. 10.000 untuk bis.

4. Jalan Operasional Holchim

Untuk selanjutnya, jalan ini agak beda. Sepanjang jalan kalian tidak akan menemukan orang berjualan, paling hanya penjual pentol saja jika sedang beruntung. Karena temoat ngabuburit yang banyak di kunjungi ini merupakan jalan operasional milik PT. SBI yang sebelumnya PT. Holchim. Jadi jangan heran jika saat sedang jalan- jalan akan ada mobil operasional pabrik yang akan melintas.

Namun meskipun ini jalan operasional namun sepanjang jalan ramai banget. Jangan takut masalah keamanan, karena tiap puasa menjelang magrib petugas keamanan pabrik beserta polsek Tambakboyo akan mengamankan lokasi. Jadi, kalian tetap bisa ngabuburit asyik disini.

5. Tugu Perbatasan Jawa Timur – Jawa Tengah

Bagi yang berada di ujung barat Tuban, selain menikmati indahnya pantai khususnya Pantai Sowan, bisa juga ngabuburit di tugu perbatasan. Tugu yang dibuat menyerupai candi di sisi kanan kiri jalan ini memang instagramable buat pepotoan. Tidak heran jika banyak muda- mudi khususnya yang ngabuburit di sini. Selain mengambil poto, kalian juga bisa sekedar melihat pemandangan dari atas tugu, terutama memandang pantai yang berada sebelah utara tugu perbatasan.

Penutup

Sebenarnya masih banyak tempat ngabuburit di Tuban yang asyik. Namun untuk kali ini aku menuliskan 5 saja dulu. Semoga lain waktu bisa disambung lagi ya. Jika kalian punya informasi rekomendasi tempat lainnya, boleh banget di share di sini ya. Terima kasih.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *