12 Perlengkapan Touring Sepeda Motor Agar Aman

  • Whatsapp
perlengka[an touring sepeda motor

Bagi beberapa orang, melakukan touring motor itu bisa melepas stres dan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Jika kamu seorang pemula, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan touring sepeda motor yang cukup penting di artikel ini.

Selain perlengkapan sepeda motor untuk touring, kamu juga harus mempersiapkan asuransi kecelakaan diri jauh-jauh hari.

Sebab, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama di perjalanan. Dengan memiliki asuransi tersebut, maka kamu bisa melakukan touring dengan perasaan aman, sebab segala risiko akan ditanggung oleh asuransi.

Daftar Perlengkapan Touring Sepeda Motor

Adapun perlengkapan touring sepeda motor di bawah tidak hanya untuk keperluan pribadimu saja, melainkan juga untuk kendaraan dan sebagainya. Berikut daftarnya.

1. Helm Berstandar SNI

Sudah pasti saat berkendara kamu harus dalam keadaan safety, salah satunya memberikan perlindungan untuk kepalamu. Helm yang disarankan harusnya telah memenuhi standar SNI.

Tentu saja, tidak sulit untuk bisa menemukan helm yang telah terstandar tersebut, entah itu jenis full face atau half face sudah tersedia di pasaran. Lalu rate harganya juga lebih fleksibel, sehingga kamu pun bisa pilih sesuai kebutuhan serta budget yang dimiliki.

2. Kacamata Hitam

Barang perlengkapan touring motor di kala siang hari yang sangat penting adalah kacamata hitam. Tentu saja, tak lain fungsinya yakni menghalau sinar matahari yang menyinari matamu dengan tajam.

Dengan menggunakan kacamata hitam, maka pandangan lebih jelas dan tentu saja kewaspadaan selama berkendala lebih meningkat.

3. Power Bank

Mungkin kamu sudah pernah melihat kendaraan bermotor dengan fasilitas port charging, sehingga memungkinkan kamu untuk mengisi daya saat berkendara.

Tentu saja, adanya pengisi daya sangat diperlukan sekali apalagi sedang berada di kawasan minim listrik.
Namun, jika belum memilikinya, kamu bisa cas di power bank dan tentu harus dibawa dari rumah. Jangan lupa isi penuh baterainya supaya bisa mengisi daya baterai smartphonemu lebih lama.

4. Proteksi Tambahan (Pelindung Lutut dan Kaki)

Proteksi tambahan seperti pelindung lutut dan kaki adalah dua hal yang diperlukan saat kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh. Terlebih, jika medan yang dilalui sangat menantang.

5. Uang Tunai

Karena tidak semua tempat akan menyediakan alat pembayaran elektronik, maka sebaiknya kamu segera menyiapkan uang tunai dari rumah.

Namun, pastikan untuk menyediakan uang tunai pecahan kecil, supaya nanti ada kembaliannya.

6. Senter

Tidak mungkin saat touring kamu akan mengemudi terus hingga sampai ke tempat tujuan. Pastinya akan ada jeda, meskipun itu hanya sebentar. Tidak jarang juga ditemui lokasi pemberhentian sangat minim dengan pencahayaan.
Oleh sebab itulah, untuk mengatasi masalah ini, kamu butuh pencahayaan tambahan dari senter. Terlebih, jika ada barang pribadimu yang jatuh tentu butuh senter untuk menemukannya.

7. Sarung Tangan yang Nyaman

Barang perlengkapan touring yang wajib dibawa ialah sarung tangan untuk melindungimu dari panasnya matahari atau benda yang mungkin bisa menggoreskan tanganmu.

Jangan anggap sepele, sebab kerikil kecil yang terpental lalu bersentuhan dengan tangan pun bisa menyebabkan cedera cukup serius. Apalagi jika kamu mengendarai motor dengan kecepatan tinggi.

8. Kotak P3K

Kotak P3K adalah pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk membantu orang yang kecelakaan.
Isi dari kotak P3K dapat berupa obat-obatan pribadi, salep pereda nyeri, minyak kayu putih, hand sanitizer, lotion anti nyamuk, plester luka, kapas, dan obat merah.

9. Masker

Berhubung saat ini masih pandemi, maka saat touring pun sebaiknya kamu juga mengikuti protokol kesehatan setempat dengan mengenakan masker.

Di sisi lain, masker juga berfungsi untuk melindungi saluran pernapasanmu dari berbagai polusi udara yang berbahaya. Terlebih, jika jalan yang dilalui penuh dengan asap dan kabut.

Kamu bisa memilih masker yang sirkulasi udaranya lebih baik. Tujuannya yakni saat dipakai pada waktu yang lama tak akan membuatmu jadi sesak.

10. Tool Kit

Saat terjadi kerusakan minor di tengah perjalanan, kamu tidak perlu panik lagi. Adapun isi dari kotak ini adalah tang, obeng, kabel, kunci inggris, selotip, atau 3 kunci L.

11. Sepatu yang Nyaman

Alas kaki seperti sepatu adalah barang paling penting untuk melindungimu dari risiko goresan, cuaca panas, dan supaya kakimu selalu nyaman di sepanjang perjalanan.

Tentu saja, tidak mungkin untuk kamu pergi touring dengan sandal, bukan? Sebab risikonya sangat tinggi dan berbahaya. Agar nyaman digunakan, kamu bisa memilih sepatu yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan dalam berkendara.

Misalnya, membeli jenis sepatu cukup tinggi yang mana bisa membuat bagian betismu lebih terlindungi. Akan tetapi, jika merasa lebih nyaman dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, lebih baik menggunakan sepatu yang tidak terlalu tinggi tetapi tetap melindungi kaki.

12. Jas Hujan

Jika kamu touring di musim hujan, untuk jaga-jaga ada baiknya menyiapkan jas hujan sebelum basah kuyup. Kamu bisa menyimpan di bagasi motormu.

Sebaiknya kamu membawa jas hujan yang berwarna neon. Tujuannya adalah saat hujan lebat ataupun gelap bisa dikenali pengendara lain. Kamu juga harus memastikan bahwa jas hujan sudah menutupi semua bagian tubuhmu, mulai dari ujung kepala sampai mata kaki.

Agar tidak ada yang ketinggalan, sebaiknya siapkan seluruh perlengkapan touring sepeda motor jauh-jauh hari. Begitu juga dengan jadwalnya, agar segala sesuatunya tidak terburu-buru disiapkan.

Sementara itu, untuk kamu yang mau bingung membeli asuransi kecelakaan diri, kamu bisa membeli produk dari SimasInsurtech.com. Semoga informasi ini membantumu, ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.