Cara Mudah Kelola Administrasi Dengan Software Absensi Online Gratis

  • Whatsapp
software absensi online gratis

Saya selalu ingat kutipan kata “jangan bermain dengan kata, siapa tahu malaikan sedang lewat dan mengamini kata- kata tersebut. Iya, untuk itu selalu berkata baik sehingga menjadi nyata. Seperti ceritaku berikut ini : Tentang perjalanan menjadi istri, ibu, blogger dan guru dan mengelola administrasi dengan software absensi online gratis

Sudah sekitar 3 tahun yang lalu, saya memutuskan untuk resign dari tempat kerja. Bukan karena pekerjaanku berat sehingga tidak sanggup menjalankannya, namun karena saya ingin konsentrasi mengurus rumah tangga serta fulltime blogger.

Meskipun tidak menjadi guru, namun kegiatan mengajar yang sudah mendarah daging memang sulit untuk dihilangkan. Sebagai gantinya saya membuka bimbingan belajar untuk siapa saja yang ingin belajar
Alasan lainnya lagi, Alhamdulillah sekitar setahun lalu diamanahi anak kedua. Sekarang ini dia sedang aktif mencoba berjalan.

Dengan berbagai peran tersebut saya sudah tidak tertarik lagi dengan jadi PNS seperti cita- cita awal saat kuliah dulu. Cukuplah dirumah saja mengurus anak- anak dan menekuni passio-ku di dunia blogger

Namun kemudian kepala SMK yang ada di desaku mengajakku kembali untuk mengajar. Sudah beberapa kali aku menolak. Namun setelah beliau meyakinkanku dan sekaligus keluarga juga mendukung maka saya memutuskan menerima tawaran mengajar. Dan sesuai dengan jurusan kuliah dulu saya mengajar matematika. Kebetulan juga bendahara sekolah juga diserahkan kepada saya.

Saat memutuskan untuk mengajar, ekspektasiku tidak tinggi. Saya hanya ingin bermanfaat bagi sekitar dan mengamalkan ilmu yang aku peroleh di bangku perkuliahan.

Tapi makin kesini ada semacam rasa memiliki dan ingin ikut andil memajukan sekolah yang masih seumur jagung ini. Memang banyak sekali yang harus dibenahi agar sekolah bisa semakin dikenal oleh masyarakat.

Upaya Meningkatkan Kualitas Sekolah

Perbaikan SDM guru dan siswa

Bagi guru belajar itu tidak ada akhirnya. Tuntunan lulusan sarjana hanya formalitas agar bisa mengajar. Sedangkan untuk belajar sendiri akan terus dilakukan meskipun sudah menjadi guru. Seperti dilakukan dengan mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan yayasan maupun dari dinas pendidikan.

Pembanguan sarana belajar

SMK tempat saya mengajar memang dalam tahap perkembangannya. Untuk bangunan sendiri saat ini masih menumpang di pondok pesantren. Alhamdulillah sekarang sudah mulai dilakukan pembangunan. Harapananya proses pembelajaran bisa berlangsung lebih kondusif sehingga nantinya bisa menghasilkan output berkualitas.

Tertib administrasi

Administrasi yang baik diperlukan demi perkembangan sekolah lebih baik. Terutama kedisiplinan baik itu kehadiran serta kedatangan guru yang harus tepat waktu. Untuk mengontrol kedisiplinan setiap guru atau karyawan yang datang ke sekolah wajib mengisi daftar absensi sebagai informasi kehadiran

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan amanah untuk ikut mengawasi absensi tersebut dikarenakan TU yang bertugas sedang KKN. Selama ini absensi masih dilakukan secara manual. Dimana tiap guru datang maka akan tanda tangan di buku kehadiran.

Bisa dibilang dengan sistem manual tersebut cukup menyulitkan saya. Sebagai orang yang tidak selalu stand by di sekolah serta memiliki banyak kerjaan lainnya tentu rekapan absensi tersebut membuat saya harus bekerja 2 kali.
Saya pun curhat dan mencari informasi tentang software absensi yang mempermudah pekerjaan. Alhamdulillah dari hasil cerita teman dan browsing saya mantap menggunakan Gajihub dari Kledo

Gajihub, Solusi Software Mudah Pengelolaan Absensi Online Gratis

Gajihub adalah absensi online yang bisa diakses dimana saja serta dapat dikelola kapan saja. Bagi saya yang tidak selamanya berada di sekolah, aplikasi ini cocok sekali. Saya bisa memantau kehadiran guru lain tanpa harus ada di lokasi.

Absensi Gajihub ini memiliki keunggulan, antara lain :

1. Bisa absensi dengan GPS

Yang membuat unik aplikasi absensi Gajihub ini meskipun bisa diakses secara online, namun bisa disetting letak absensi. Jadi misalkan di GPS disetting absensi harus disekolah maka hanya bisa data terdeteksi melakukan absensi saat di sekolah saja. Selain itu ada fitur deteksi wajah sehingga hanya yang bersangkutan saja yang bisa absensi.

2. Abuse Detection

Keunggulan lain dari software Gajihub ini yaitu adanya abuse detection. Jadi jika ada karyawan/ guru yang nakal dengan memanipulasi IP maka akan terdeteksi.

3. Terintegrasi dengan mesin fingerprint

Jika di sekolah atau di tempat kerja masih menggunakan fingerprint, tenang saja karena bisa juga menggunakan Gajihub ini. Jadi software ini bisa langsung melakukan singkroisasi finger print secara otomatis.

4. Pengelolaan lembur dan cuti

Bagi karyawan atau guru yang sedang berhalangan hadir, ada fitur khusus pengelola cuti. Jadi cuti karyawan akan terhitung secara otomatis sehingga mempermudah penggajian.

5. Terintegrasi dengan Payroll

Di aplikasi ini terdapat sistem clock-in clock-out yang mempermudah presensi. Di samping itu penghitungan data kehadiran sesuai dengan jam kerja hingga lembur yang terdapat fitur payroll yang terintegrasi secara otomatis.

Penutup

Kehadiran aplikasi absensi gratis seperti Gajihub membantu sekali bagi siapa saja yang dalam pengelolaan administrasi karyawan. Terlebih aplikasi ini bisa diakses baik melalui IOS maupun android. Selain untuk pendaftaran juga cukup mudah. Saya sudah menggunakannya, bagaimana dengan Anda?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.