Ketahui Sistem Pembayaran Impor saat Transfer ke Luar Negeri

  • Whatsapp
transfer ke luar negeri, pict : pexel.com

Dari berbagai macam hal yang penting dalam transaksi ke luar negeri, metode pembayaran menjadi hal yang penting ketika transaksi impor. Di masa perdagangan internasional yang sangat modern seperti sekarang ini, ada berbagai macam cara pembayaran yang tersedia. Oleh sebab itu, pebisnis harus memahami apa saja metode pembayaran impor ketika transfer ke luar negeri agar terhindar dari kasus penipuan atau yang lainnya.

Metode Pembayaran Perdagangan Internasional saat Transfer ke Luar Negeri

Ketika ingin transfer ke luar negeri, berikut berbagai macam metode pembayaran yang bisa dijadikan pilihan, antara lain:

Cash in Advance

Cash in Advance juga dikenal dengan pembayaran di muka. Sistem pembayaran ini dilakukan dengan melakukan transfer ke luar negeri terlebih dulu sebelum barang dikirim oleh eksportir.

Biasanya, pembayaran akan penuh maupun sebagian. Keuntungan dari sistem pembayaran Cash in Advance ini ialah, biaya transfer ke luar negeri jauh lebih rendah serta pemberkasan dokumen jauh lebih singkat.

Namun, karena bertindak sebagai importir, tentu saja terdapat risiko gagal atau terlambat melakukan pengiriman barang serta kualitas barang tidak sesuai dengan perjanjian awal.

Letter of Credit

Letter of Credit merupakan sistem pembayaran yang menggunakan jaminan bank atas nama importir, dan nantinya pembayaran akan dilakukan jika seluruh syarat terpenuhi.

Sistem pembayaran Letter of Credit ini tentu saja lebih aman. Selain itu kedua pihak baik importir maupun eksportir tidak akan merasa rugi bila melakukan metode pembayaran Letter of Credit, karena transaksi akan dijamin.

Documentary Collection

Documentary Collection merupakan metode pembayaran yang mengharuskan eksportir untuk menyerahkan dokumen yang berkaitan dengan pengiriman barang ke bank dari eksportir dan kemudian akan diteruskan oleh bank importir agar dapat melakukan perintah bayar.

Terdapat dua pilihan Documentary Collection ini, yakni Documentary Against Acceptance serta Document Against Payment. Bila dilihat secara konsep, keduanya mirip, namun hal yang membedakan adalah tenggat waktu pembayaran.

Open Account

Open Account adalah kebalikan dari pembayaran langsung di muka. Sehingga, dalam metode pembayaran Open Account ini, nantinya barang akan dikirim terlebih dulu oleh eksportir.

Nantinya transaksi pembayaran akan dilakukan sesudah menerima barang tersebut. Keuntungannya di sini tentu lebih condong pada pihak importir karena dapat menerima barang terlebih dahulu.

Sedangkan, risiko lebih besar pada pihak eksportir seperti risiko terlambat melakukan pembayaran bahkan hingga tidak dibayar sama sekali.

Consignment

Consignment merupakan metode pembayaran yang mengharuskan eksportir untuk melakukan pengiriman barang terlebih dulu. Nantinya pembayaran akan dilakukan oleh pihak importir bila barang tersebut terjual.

Biasanya, metode pembayaran dengan menggunakan Consignment ini dilakukan karena terdapat keterbatasan eksportir untuk melakukan promosi serta penjualan barang. selain itu dapat dimungkinkan pembayaran barang dilakukan dengan sistem konsinyasi. Sehingga, penjual menitipkan barang yang mereka miliki agar dijual pada pihak importir.

Tips Melakukan Perdagangan Internasional

tips perdagangan luar negeri
                                                                                   Foto oleh Griffin Wooldridge dari Pexels

Sebelum memilih mana metode pembayaran yang cocok dijadikan sebagai pilihan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain:

Memperhatikan biaya transaksi dan bunga

Setiap metode pembayaran di atas tentu saja memiliki biaya transaksi. Contohnya saja saat transfer ke luar negeri, kamu harus membayar sejumlah biaya transfer. Selain itu biasanya setiap metode juga memiliki bunga.
Pilih metode pembayaran yang tepat

Pastikan memilih metode pembayaran yang mengedepankan posisi win-win, contohnya importir melakukan pembayaran DP kemudian sisanya melakukan pembayaran dengan menggunakan Letter of Credit.

Pilihan Layanan Transfer ke Luar Negeri Terpercaya

Salah satu layanan remittance atau transfer valas yang bisa dijadikan sebagai pilihan ialah digibank Transfer Valas.
Dengan menggunakan digibank Transfer Valas, kamu dapat melakukan kegiatan transfer dimana saja serta kapan saja, baik untuk kebutuhan pribadi maupun kebutuhan bisnis.

Besarnya biaya transfer ke luar negeri membuat kita harus memilih layanan yang benar-benar dapat dipercaya, praktis dan mudah. Untuk menggunakan layanan ini, kamu hanya perlu menggunakan fitur dari transaksi valas di Aplikasi digibank by DBS.

Ada berbagai keunggulan digibank Transfer Valas, antara lain:

Akses 24/7

Layanan transfer ke luar negeri dari digibank Transfer Valas dapat kamu akses selama 24 jam penuh tanpa perlu pergi ke kantor cabang. kamu bisa langsung melakukan transaksi dari Aplikasi digibank by DBS di smartphone kamu.

Gratis biaya transfer

Biaya transfer ke luar negeri dengan menggunakan digibank Transfer Valas adalah 0 Rupiah atau gratis hingga lebih dari 20 tujuan. 7 mata uang yang bisa kamu pilih mulai dari SGD, AUD, USD, EUR, CAD, HKD hingga GBP.

FX Rate terkini

Keunggulan lain yang dimiliki digibank Transfer Valas adalah FX Rate terkini serta juara. Dengan adanya nilai tukar yang kompetitif ini, transfer valas yang kamu lakukan akan menjadi lebih ringan.

Sebagai seorang pengusaha, tentu saja ini menjadi salah satu keuntungan yang kamu cari bukan? Mengingat selisih FX Rate yang besar bisa membuat kerugian bagi keuangan bisnis.

Dana sampai di hari yang sama

Dalam bisnis, kecepatan dalam melakukan transaksi sangat dibutuhkan. Transfer ke luar negeri dengan menggunakan digibank Transfer Valas, dana akan sampai di hari yang sama bila transaksi dilakukan sebelum batas yang ditentukan.

Dengan kecepatan pengiriman dana ini, kegiatan pembayaran ke eksportir bisa dilakukan secara cepat dan tepat.
Dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki digibank Transfer Valas, sayang rasanya jika tidak memanfaatkannya untuk mendukung kebutuhan transfer ke luar negeri yang kamu lakukan. Install Aplikasi digibank by DBS sekarang juga, dan nikmati fasilitasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.