Sehat Tanpa GERD dengan Aplikasi SehatQ

  • Whatsapp
Sehat Tanpa GERD dengan Aplikasi SehatQ

Sehat Tanpa GERD dengan Aplikasi SehatQ – Apakah itu GERD? Pertanyaan itu yang muncul ketika mendengar istilah ini. Memang bagi sebagian istilah tersebut masih asing di telinga. GERD sendiri merupakan kependekan dari Gastro Eshopageal Reflux Disease atau yang lebih di kenal dengan istilah asam lambung. Jika berhubungan dengan asam lambung maka tentu ada kaitannya dengan penyakit maag dan gejalanya sendiri pun hampir sama.

GERD sering menjadi gambaran gaya hidup kurang sehat masyarakat modern saat ini. Biasanya penderita GERD ini akan merasakan nyeri di ulu hati, sensasi panas di area dada hingga tenggorokan. Ada juga yang mengalami gangguan pada lambung seperti perut terasa kembung.

Kenapa orang bisa mengalami masalah pada lambungnya? Penyebab utamanya tentu saja pola makan yang salah. Seringnya makan makanan pedas, makanan yang berlemak ,minuman yang mengandung cafein ,coklat, aneka minuman keras dan juga konsumsi rokok. Selain itu penyebab lainnya yang memicu GERD antara lain banyak pikiran yang menyebabkan stress sehingga berdampak pada lambung.

Siapa yang bisa terkena GERD

Bisa dibilang penyakit ini bisa di alami segala usia, baik orang dewasa maupun anak kecil. Salah satu gejala GERD yaitu nyeri di dada dan kemudian sesak di dada banyak yang salah mengartikan sebagai jantung koroner. Meskipun GERD tidak mematikan selayaknya jantung koroner, namun penderita harus mendapat penanganan yang baik sehingga tidak menyebabkan komplikasi.

Gejala penyakit asam lambung

Setiap penyakit tentu mempunyai gejala yang mengawali dan dapat di kenali tanda-tandanya. Adapun gejala dari penyakit ini adalah rasa terbakar di dada yang menjadi bertambah parah saat makan atau di gunakan berbaring. Biasanya gejala ini pula sering di sertai dengan sering bersendawa, mual dan muntah serta sesak napas. GERD juga menimbulkan mulut terasa asam.

Penyebab GERD

Setiap penyakit tentu ada penyebab dan faktor pemicunya. Untuk penyakit ini faktor pemicunya adalah asam lambung naik ke kerongkongan. Dimana ketika otot kerongkongan bagian bawah melemah, otot bagian bawah (otot LES) seharusnya berkontraksi. Para lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan,dan wanita hamil memiliki resiko lebih besar terhadap GERD

Pengobatan GERD.

Lalu bagaimana jika anda sudah terlanjur terkena penyakit tersebut? Apa yang harus anda lakukan ? Kiat -kiat apa yang harus anda lakukan untuk mengobatinya? Yang pertama dalam mengatasi GERD yaitu dengan mengubah perilaku sehari-hari. Kebiasaan seperti tidak langsung berbaring setelah makan, berhenti merokok serta menghindari stress. Untuk tanaman herbal yang bisa bermanfaat mengatasi penyakit asam lambung salah satunya yaitu jahe. Atau jika GERD yang dialami semakin parah sebaiknya segera konsultasi dengan dokter terdekat.

Sehat Lebih Mudah dengan Aplikasi SehatQ

Di era digital seperti sekarang ini mendapatkan berbagai informasi hanya bermodal sentuhan jari. Salah satu kemudahan tersebut bisa dirasakan saat membutuhkan layanan kesehatan. Dengan menggunakan smartphone saja kita bisa mendapatkan tips kesehatan, apotik, rumah sakit dan informasi tentang berbagai penyakit termasuk gerd.

Bagi yang ingin konsultasi langsung dengan dokter bisa secara online. Banyak tersedia baik dokter umum maupun spesialis yang siap melayani. Jadi, di masa pandemi seperti sekarang tentu lebih aman untuk konsultasi secara daring.

Caranya cukup kunjungi website SehatQ untuk mendapatkan berbagai layanan diatas. Bisa juga download via playstore atau Appstore aplikasi SehatQ sehingga sewaktu- waktu membutuhkan bisa digunakan dengan mudah. Lengkap dan praktiskan?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.