Cara Memperpanjang SIM di Tuban

  • Whatsapp
cara memperpanjang sim
pict : pexels

Cara memperpanjang SIM terus mengalami perubahan. Rutinitas 5 tahunan itu memang wajib dilakukan siapa saja yang mengendarai kendaraan bermotor. Tentu saja, agar membuat nyaman tanpa takut tertilang oleh polisi.

Bagaimana rasanya saat mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya tanpa memiliki SIM. Akibatnya, tentu hati tidak akan tenang. Belum lagi jika melihat ada polisi yang sedang operasi. Tentu, keringat dingin akan keluar dan siap- siap mendapatkan surat cinta dari pak polisi a.k.a tilang.

Itulah yang saya rasakan dahulu sebelum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Sehingga, ketika menjelang masa berlakunya habis segera memperpanjangnya.

Seperi yang kita ketahui, masa berlaku SIM yaitu 5 tahun. Dahulu jatuh tempo masa berlakunya sama dengan tanggal lahir. Namun sekarang ini ada perubahan masa berlaku SIM yaitu pada tanggal terakhir pembuatan. Jadi harus ingat- ingat kapan harus memperpanjangnya.


Sekarang jika pada hari H ada kesibukan, kalian bisa membuat maksimal 2 minggu sebelum jatuh tempo. Saran saya sih minimal seminggu sebelum habis sudah memperpanjang SIM. Tentu saja untuk berjaga- jaga hal yang tidak diinginkan

Cara memperpanjang SIM yang telat

Selain itu 5 tahun lalu saya bisa memperpanjang maksimal 3 bulan setelah masa habis. Namun sekarang, jangankan 3 bulan. Terlambat 1 hari setelah tanggal berlaku harus membuat SIM ulang dari awal.


Jadi bagi yang perpanjangan SIM sudah telat, otomatis prosesnya seperti saat akan membuat SIM. Selain syarat seperti yang ada di perpanjangan SIM juga harus mengeikuti baik tes teori maupun prakter. Makin susahkan? Makanya jangan terlambat ya.
Proses Memperpanjang SIM di Tuban

Datang ke lokasi Polres Tuban

Lokasi Polres Tuban sendiri sangat strategis. Terletak di depan RSUD Koesmo Tuban dan di samping Kodim Tuban. Tepatnya jalan Dr. Wahidin Soedirohoesodo Tuban
Sampai di lokasi jangan langsung masuk ke kantor polres bagian Satlantas Polres Tuban untuk pendaftaran ya. Untuk parkir kendaraan pengunjung terletak tepat sebelah timur kantor polres. Jadi kendaraan tidak bisa masuk ke kantor polres.

Syarat memperpanjang SIM di Tuban

Cara memperpanjang SIM C, B atau A prosedurnya hampir sama. Hanya khusus B Umum harus menyertakan sertifikat pengemudi selain syarat seperti memperpanjang SIM lainnya.

Alasan mengapa segera memperpanjang SIM tepat waktu

Untuk cara memperpanjang SIM terbaru ada beberapa syarat tambahan yang berlaku, yaitu tes psikologi :

Surat keterangan lulus tes Psikologi

Sejak tanggal 16 Desember 2019 ada aturan baru untuk perpanjangan SIM. Yaitu adanya tambahan tes psikologi untuk perpanjangan SIM. Untuk tempatnya di sebelah timur RSUD Koesmo Tuban atau tepat di depan kodim. Nanti di depan ruang tes sudah banyak orang yang antri untuk mengikuti tes psikologi.

Untuk soal tes psikologi ada 20 pertanyaan yang berisi pertanyaan yang harus dijawab iya atau tidak. Pertanyaan psikologi tersebut misalnya : Apakah kamu sering bermimpi buruk? Apakah kamu sering merasa was- was? Dan lainnya. Intinya hampir sama dengan pertanyaan tadi.

Soal yang langsung dikerjakan di tempat ini setelah selesai langsung mendapatkan penilaian. Dan jika lulus akan mendapatkan surat keteranga lulus tes. Selanjutnya harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 50.000,-

Surat keterangan sehat untuk SIM

Untuk tempat mendapatkan surat keterangan sehat letaknya di belakang tes psikologi. Pertama kamu akan ditanya untuk keperluan sim A, B atau C. Setelah itu menimbang berat badan, mengukur tinggi badan dan tes kesehatan mata dengan menebak huruf dari jauh.

Jika tes sudah selesai akan mendapatkan surat keterangan sehat. Tentu saja untuk biaya tes ini sebesar Rp. 20.000,-

Mengisi formulir SIM

Setelah selesai dua persyaratan diatas, jangan lupa sudah mempersiapkan foto kopi KTP dan SIM ya. Juga membeli stopmack sesuai dengan warna SIM yang akan dibuat atau perpanjang. Seingat saya ada 3 warna yaitu kuning, merah dan biru. Untuk masalah stopmap beli saja di depan mbak- mbak parkiran dan langsung tanya pasti si penjual sudah paham.

Untuk tahap cheking pertama di ruangan pelayanan atau ruang kaca tepat di sebelah selatan pos jaga. Nanti disitu sudah banyak orang yang mengantri. Sama petugas akan di cek satu persatu berkas jika ada kekurangan akan dikembalikan untuk diperbaiki.

Jika sudah semua akan diberikan blangko pengisian untuk diisi di ruangan khusus SIM. Untuk ruangannya berada di belakang menghadap ke selatan. Jika sudah mengisi formulir, serahkan kepada petugas untuk mendapatkan verifikasi. Jika fix semua akan diarahkan untuk masuk ke ruangan tunggu foto SIM.

Setelah menunggu sekitar satu jam ada panggilan untuk biaya administrasi pembuatan SIM sebesar Rp. 75.000. Pembayaran langsung ke pegawai BRI yang berada di situ. Setelah itu, melakukan pembayaran dan selanjutnya antri foto.


Setelah foto, tidak beberapa lama menunggu untuk SIM jadi di ruangan foto. Kurang dari 15 menit SIM baru sudah jadi dan siap dibawa pulang.

Biaya memperpanjang SIM C

Secara keseluruhan biaya yang dikeluarkan saat memperpanjang SIM C yaitu :

  • Biaya tes psikologi Rp. 50.000,-
  • Biaya surat keterangan sehat Rp. 20.000,-
  • Biaya pembuatan SIM C Rp. 75.000,-

Jadi total biaya perpanjangan SIM C yaitu Rp. 145.000,-

Sedangkan untuk SIM A, B dan D sebagai berikut :

  • Perpanjang SIM A dengan biaya Rp 80.000.
  • Untuk SIM B biayanya sebesar Rp 80.000..
  • Biaya perpanjangan SIM D Rp 30.000.

Cara memperpanjang SIM online

Dikutip dari website resmi Korlantas Polri telah hadir cara memperpanjang SIM secara online. Untuk caranya yaitu sebagai berikut :

  • • Buka website resmi Korlantas PolrivPolri dan cari bagian perpanjangan SIM secara online
  • Usi data diri bagian pendaftaran SIM online
  • Pilih opsi PERPANJANGAN SIM ya
  • Isi formulir yang tersedia
  • Masukkan kode verifikasi yang didapatkan lalu klik tombol kirim.
  • Lakukan pembayaran di ATM sesuai dengan biaya perpanjangan SIM ditambah lagi dengan biaya administrasi sebesar Rp. 5000,-
  • Kunjungi Satpas/SIM keliling dengan membawa dokumen persyaratan, bukti pembayaran, dan bukti registrasi.
  • • Anda tinggal melakukan foto dan cetak SIM saja di tempat perpanjang SIM keliling

Untuk di Tuban sendiri saya langsung datang ke kantor Polres. Saat saya mencoba mengakses wesbsite Korlantas Polri masih dalam perbaiki.

Kesimpulan

Sebenarnya untuk memperpanjang SIM tidak dibutuhkan waktu yang lama dan caranya pun cukup mudah. Yang terpenting semua berkas dan syarat perpanjangan SIM sudah lengkap. Dan pilih hari bukan hari senin dan hari setelah libur. Tentu saja untuk menghindari menumpuknya antrian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar