Cara Mengatasi Saluran Air Yang Tersumbat

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Saluran Air Yang Tersumbat

Saat saluran air di rumah tersumbat membuat tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas harian. Selain itu juga menimbulkan masalah lain seperti bau tidak sedap dan air kotor yang meluap. Pada bak westafel cuci piring misalnya saat tersumbat akan mengalami kesulitan saat cuci tangan serta kegiatan membersihkan dapur. Untuk itu harus segera cari cara mengatasi saluran air tersumbat sehingga lancar kembali.

Untuk mengatasi sumbatan khususnya pada saluran air bisa dengan memanggil jasa sedot wc yang juga melayani sedot saluran air. Dengan tenaga ahli serta peralatan yang lengkap dengan cepat sumbatan terselesaikan. Apalagi jika tidak memiliki waktu untuk mengatasi sumbatan, jasa sedot ws bisa jadi pilihan.

Sayangnya untuk memanggil layanan sedot wc tentu tidak murah. Belum lagi tidak bisa langsung datang karena terkendala waktu dan jarak. Maka bisa mencoba mengatasi sumbatan sendiri dengan beberapa bahan dan alat yang ada di sekitar.

Tips Atasi Saluran Air Tersumbat

Bagi yang sedang mengalami saluran air di rumah tidak lancar mengalir di blog Tuban Story ini akan membahas caranya berikut antara lain:

a. Menyiramkan air panas

Sumbatan yang terjadi pada saluran westafel cuci piring di dapur khususnya biasanya disebabkan oleh lemak atau sisa makanan seperti ampas kopi, nasi, potongan sayuran yang masuk ke saluran air. Untuk lemak khususnya dalam kondisi padat akan menyumbat saluran air. Lemak ini bisa mencair kembali jika dalam kondisi panas. Maka untuk membuka sumbatan bisa mencoba dengan menyiramkan air panas secara perlahan ke dalam saluran.

b. Memberikan baking soda dan cuka

Baking soda dan cuka merupakan bahan tambahan pangan yang dapat digunakan untuk atasi sumbatan. Kandungan pada baking soda dan cuka akan menimpulkan reaksi kimia. Reaksi tersebut bisa bermanfaat untuk atasi sumbatan. Cara menggunakannya yaitu dengan terlebih dahulu menuangkan baking soda ke dalam saluran air. Tunggu sebentar setelah itu masukkan cuka dan yang terakhir dengan menyiramnya dengan air panas.

c. Menuangkan soda api

Soda api termasuk bahan kimia yang berbahaya karena bisa menimbulkan percikan dan iritasi pada kulit. Untuk itu saat menggunakan soda api harus memakai sarung tangan. Cara untuk mengatasi sumbatan dengan soda api sama dengan baking soda yaitu menuangkan sedikit demi sedikit ke saluran air selanjutnya menuangkan air panas yang berguna membantu menghancurkan sumbatan sehingga saluran air lancar kembali.

d. Menggunakan Pemutih pakaian

Selain berguna menghilangkan noda pada baju, pemutih pakaian juga bermanfaat untuk memperlancar saluran airĀ  sehingga tetap jadi rumah sehat. Pemutih pakaian juga bermanfaat menghambat pertumbuhan jamur pada pipa air. Cara menggunakannya yaitu dengan menuangkan sekitar 200ml pemutih pakaian ke saluran air. Tunggu sekitar 15 menit kemudian tuangkan air sampai sumbatan bisa lancar kembali.

e. Menggunakan drain auger

Cara lain mengatasi sumbatan selain dengan menuangkan bahan- bahan diatas bisa dengan menggunakan alat yang disebut drain auger. Alat ini berupa kabel panjang yang memiliki pengait pada ujungnya. Cara menggunakannya dengan memasukkan pada lubang saluran air kemudian gerakkan secara memutar agar penyumbat terkena kaitan. Kemudian tarik keluar secara perlahan bersama kotoran yang menjadi sebab sumbatan. Yang perlu diperhatikan saat menggunakan drain auger ini harus memperkiraan panjang pipa air sehingga kabel pengait bisa mengenai kotoran penyebab sumbatan.

Kesimpulan

Saat westapel mengalami sumbatan sangat mengganggu aktivitas. Untuk itu segera cari cara mengatasi saluran air yang tersumbat bisa dengan menggunakan bahan seperti diatas. Jika masih belum berhasil sebaiknya memanggil layanan sedot wc terdekat sehingga masalah teratasi. Semoga informasi diatas bermanfaat ya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *