Cara Menjaga Rambut Tidak Rontok

  • Whatsapp
Cara Menjaga Rambut Tidak Rontok

Memiliki rambut rontok tentu tidak nyaman. Apalagi kaum wanita yang memiliki ukuran rambut lebih panjang dari pria berpotensi mengalami kerontokan lebih besar. Sebenarnya rambut rontok sesuatu yang wajar asalkan jumlahnya tidak lebih 100 helai perhelai. Namun jika lebih dari itu perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan kebotakan.

Penyebab Rambut Rontok

Agar terhindar dari rambut rontok berlebihan, sebisa mungkin menghindari penyebabnya antara lain :

Sering menggunakan pencatok rambut

Berpenampilan menarik dengan rambut tertata rapi tentu menyenangkan. Sayangnya jika keseringan menggunakan pencatok rambut berakibat rambut tertarik dari akarnya. Selain itu suhu pencatok yang terlalu panas tidak baik bagi kesehatan rambut karena bisa menyebabkan rambut kering dan mudah patah.

Mengikat rambut terlalu kencang

Bagi yang memiliki rambut panjang biasanya akan merasakan gerah saat terurai. Agar tidak mengganggu aktivitas, rambut menjadi sering diikat. Agar tali tidak mudah jatuh dan rambut terlepas biasanya mengikat dengan kencang yang dapat menyebabkan kerontokan. Sehingga jika memiliki masalah rambut rontok karena terlalu kencang mengikatnya gaya rambut pendek lurus wanita bisa menjadi solusinya.

Jamur di Rambut

Beberapa orang beralasan enggan keramas untuk menghindari kerontokan. Padahal jika rambut dibiarkan kotor menyebabkan muncul jamur dan ketombe yang menyebabkan rambut rapuh dan mudah patah.

Gizi tak seimbang

Secara tidak langsung makanan berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Saat pola makan tidak teratur dan gizi tidak seimbang akan berpengaruh bagi kesehatan yang awalnya akan terlihat pada organ tubuh bagian luar salah satunya yaitu rambut. Rambut akan terlihat kering dan kusam kemudian menjadi mudah rontok

Pengaruh hormon

Berbeda dengan pria, dalam masa- masa tertentu seperti kehamilan atau pasca melahirkan mengalami kerontokan rambut karena pengaruh hormon. Fase ini tidak berlangsung lama sehingga tidak perlu khawatir. Hanya saja jika sangat mengganggu bisa konsultasi ke dokter kandungan nutrisi rambut apa yang tepat bagi ibu hamil dan menyusui.

Cara Atasi Rambut Rontok

Di blog ini ada beberapa tips mengatasi rambut rontok khususnya bagi kaum wanita, antara lain :

1. Memberikan nutrisi rambut

Selain menggunakan sampho untuk menutrisi rambut bisa juga dengan menggunakan kondisioner dan hair tonic. Pada saat menggunakannya pijat kepala perlahan agar nutrisi bisa meresap ke akar rambut.

2. Makan makanan bergizi

Tidak hanya perawatan dari luar, rambut juga perlu nutri dari dalam. Sumber nutrisi tentu saja berasal dari makanan bergizi yang dikonsumsi. Nutrisi tersebut akan merangsang pertumbuhan rambut dari dalam.

3. Membersihkan rambut secara teratur

Meskipun saat rambut rontok tetap perlu menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Hal itu menjaga agar rambut tidak ketombe sehingga bisa memperparah kerusakan rambut.

4. Gunakan produk perawatan rambut yang tepat

Saat rambut mulai rontok segera atasi dengan menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai.

5. Gunakan Hairdryer dengan suhu dingin

Setelah keramas apalagi dalam kondisi rambut basah membuat tidak nyaman beraktivitas. Biasanya orang akan menggunakan hair dryer. Tidak salah memang, namun yang perlu diperhatikan jangan memakai dengan suhu tinggi. Panas yang dikeluarkan hairdyer bisa membuat rambut mudah patah. Caranya pilih dengan suhu dingin sehingga aman buat rambut

6. Perawatan dengan masker rambut

Beberapa bahan alami dipercaya mampu menguatkan akar rambut, menyuburkan dan menguatkan sehingga tidak mudah rontoh. Bahan alami tersebut bisa digunakan untuk masker rambut antara lain : minyak zaitun, yoghurt, teh hijau, santan dan juga minyak rosemary

Kesimpulan

Memiliki rambut mudah patah selain tidak nyaman juga akan terjadi kebotakan jika dibiarkan. Untuk itu segera cari cara menjaga rambut tidak rontok. Bisa dengan cara konsumsi makanan bernutrisi, memilih model rambut wanita terbaru merawat rambut menggunakan produk perawatan rambut atau dengan bahan alami yang banyak ditemui.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *